H.M Sidik Serap Aspirasi Masyarakat pada Reses Perdana -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

deskripsi gambar

H.M Sidik Serap Aspirasi Masyarakat pada Reses Perdana

10/22/19



Lombok Tengah, – Angota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Loteng periode 2019-2024 menggelar reses perdana.

Reses tersebut merupakan kesempatan bagi para wakil rakyat bertatap muka sekaligus menyerap apa yang menjadi usulan program dilapangan kemudian disampaikan kepada pemerintah daerah.

Salah seorang Anggota DPRD Loteng Daerah Pemilihan (Dapil) Batukliang-Batukliang Utara H. M. Sidik Maulana mengatakan, kegiatan reses ini merupakan program yang wajib di lakukan oleh semua anggota DPRD Loteng guna menjaring dan menampung aspirasi masyarakat serta melaksanakan fungsi pengawasan.
“Ia sebagai anggota dewan program reses ini wajib kita laksanakan guna meyerap aspirasi masyarakat,” ungkap politisi Partai Keadilan Sejahtera, Selasa (22/10).
Dia menjelaskan, penyerapan aspirasi itu dimulainya sejak Sabtu malam (19/10), di awali Politisi dari Dusun Tanak Embang Daye, kemudian malam berikutnya mendatangi masyarakat di Dusun Tanak Embang Lauk dan Dusun Tojong Ojong.
“Sampai saat ini saya sudah gelar 3 kali reses dan telah menyerap aspirasi masyarakat menyangkut pembangunan Infrastruktur, pemberdayaan kemasyarakatan dan bidang pembinaan. Nah, pada reses tahap 4 , dan 6 akan gali aspirasi masyarakat di dusun yang lain,” tutur dia.
Sidik lebih rinci memaparkan keinginan masyarakat tersebut yakni bidang pembangunan Infrastruktur, masyarakat ingin ada pembukaan jalan baru, pembangunan jalan usaha tani, perbaikan saluran irigasi sekunder, perbaikan saluran irigasi tersier dan pembangunan sarana air bersih.
Sedangkan bidang Pemberdayaan Kemasyarakatan seperti adanya kegiatan pelatihan pembuatan pakan ikan, pelatihan dan pengadaan sarana prasarana pengelolaan serta pengolahan sampah terpadu (Bank Sampah), kemudian pemberdayaan ekonomi pemuda berbasis rumah ibadah, pemberdayaan ekonomi bidang pertanian peternakan melalui kelompok tani dan pelatihan pengelolaan Desa Wisata.
Untuk bidang Pembinaan Kemasyarakatan seperti Bantuan sound system bagi remaja masjid, bantuan alat pertanian seperti hand tractor bagi kelompok tani.
Kemudian bantuan mesin pompa air kelompok perikanan, bantuan terop untuk kelompok kepemudaan dan penyediaan distributor pupuk di wilayah zona Datu Benua Dusun Tojong-ojong.
“Apa yang saya jelaskan itu merupakan keinginan (aspirasi) masyarkat yang mampu kita serap saat turun dilapangan. Selanjutnya, nanti kita akan buat menjadi bahan laporan atau catatan reses yang disampaikan ke pemerintah daerah kemudian kita kawal nanti,” tutup H.M Sidik Maulana (*)