Oprasi Zebra Di Mulai Hari Ini, Sasarannya Surat-Surat Kendaraan -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

deskripsi gambar

Oprasi Zebra Di Mulai Hari Ini, Sasarannya Surat-Surat Kendaraan

10/22/19

Mataram - Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Amin Litarso menjelaskan, untuk operasi zebra kali ini melibatkan semua unsur sedikitnya 670 personil dikerahkan termasuk unsur TNI serta dari Dinas Perhubungan (Dishub) namun untuk Satgas (Satuan Tugas) Polda sendiri berjumlah 87 personil.

Untuk titik operasi dijelaskan, yaitu titik yang banyak pelanggar lalu lintas dan menyeluruh di sepuluh Kabupaten/Kota di NTB termasuk di jalan-jalan protokol di Kota Mataram.

"Untuk operasi zebra ini satu prioritas yaitu adminstrasi kendaraan,” tegas Amin, Rabu (23/10) usai menggelar apel bersama di lapangan Gajah Mada Mapolda NTB.
Selain itu, kendaraan yang telat membayar pajak juga akan dirazia.“Apabila seseorang tidak membayar pajak sama juga suratnya tidak sah,” ujarnya.

Untuk menghindari ‘main mata’ antara pengendara dengan oknum petugas di lapangan, pihaknya melibatkan pengawas dari banyak unsur termasuk dari POM TNI AD, AU dan AL termasuk Propam.
“Jadi, setiap kegiatan itu pasti ada empat unsur itu kecuali personil lalu lintas kemudian dibackup dari Brimob dan Samapta. Karena kita harus mengutamakan keselamatan personil,” tutupnya.

Kapolda NTB, Irjen Pol Nana Sudjana menjelasaskan, selain operaasi penindakan terhadap pelanggal lalu lintas juga digelar menjelang tahun baru 2020 dan  natal.
“Operasi ini bertujuan cipta kondisi untuk menghadapi natal dan tahun baru 2020, kemudian bisa dikatakan cipta kondisi pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden kemarin,” terang Nana usai menggelar apel pagi bersama sejumlah pejabat tinggi Polda NTB termasuk ratusan Polantas dan TNI di lapangan Gajah Mada Mapolda NTB, Rabu (23/10) pagi.l

Melihat trend kecelakaan di NTB semakin banyak, pihaknya berharap kepada masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas.

“Kita harapkan pada masyarakat ini tentunya lebih tertib kemudian lebih menyayangi bagi dirinya sendiri yang banyak sekali kecelakaan menyebabkan meninggal dunia karena mereka tidak dilengkapi pengaman terhadap dirinya termasuk helm,” harapnya. (*)