20.000 Tiket MotoGP Siap Dijual, Harga Mulai Rp295 Ribu -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

deskripsi gambar

20.000 Tiket MotoGP Siap Dijual, Harga Mulai Rp295 Ribu

11/21/19

Mataram | Rencana penjualan tiket MotoGP yang akan digelar di NTB pada 2021 terus dipersiapkan. Mulai 23 November mendatang, Pemprov NTB bersama pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Dorna Sports akan memulai Countdown Pre-Booking tiket MotoGP 2021.

CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Ricky Baheramsjah, menerangkan bahwa sebanyak 20.000 tiket akan dijual dalam kegiatan pre-booking tiket di Sudirman Central Business District (CBSD), Jakarta. Penjualan sendiri akan dilakukan mulai akhir November sampai dengan Agustus 2020 mendatang untuk mengetahui animo masyarakat terkait gelaran MotoGP di Indonesia.

“Kami optimistis MotoGP Indonesia 2021 akan dipadati penonton. Kami perkirakan event ini akan dapat menarik penonton hingga 100 ribu orang selama penyelenggaraan,” ujar Ricky seperti dikutip dari pernyataan resminya yang diterima Suara NTB, Senin, 18 November 2019. Hal itu didasari oleh beberapa hal, diantaranya posisi Sirkuit Mandalika sebagai sirkuit terbuka dan akan menyajikan pemandangan indah bukit dan pantai.

Diterangkan Ricky, melalui penjualan tiket tersebut pihaknya ingin melihat gambaran animo dan profil penonton untuk MotoGP di NTB. Dengan begitu persiapan untuk kebutuhan dan akomodasi dapat dipersiapkan dengan lebih baik.

Senada dengan itu, VP Corporate Secretary Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Miranti N. Rendranti, menerangkan bahwa saat ini pihaknya tengah meyusun kisaran harga yang akan dipublikasikan pada kegiatan penjualan tersebut. Penyusunan tersebut termasuk untuk kelas tiket dengan harga di bawah Rp1 juta.
“Untuk harga perkiraan dimulai dari Rp295 ribu. Itu untuk general admission (pemesanan umum) di hari Jumat,” ujar Miranti kepada Suara NTB, Senin, 18 November 2019. Untuk harga pastinya, pihak ITDC sendiri tengah melakukan diskusi lebih lanjut dengan Dorna Sports selaku sponsor utama.

Gelaran MotoGP di KEK Mandalika sendiri diperkirakan akan membawa manfaat yang besar bagi Indonesia. Event balap motor internasional ini ditonton oleh 430 juta rumah tangga di seluruh dunia setiap kalinya. Hal tersebut dinilai dapat memberikan country branding (predikat khusus bagi daerah) yang cukup kuat untuk menjadi daya tarik.

Menurut Miranti, dalam target kedepan Mandalika Street Circuit dan kegiatan MotoGP diprediksi mampu mendatangkan 300.000 wisatawan asing per tahun. Selain itu, diharapkan juga ada peningkatan belanja wisatawan hingga 40 juta dollar AS per tahun.

Dicontohkan Miranti, seperti yang diumumkan oleh Dorna Sports melalui situs motogp.com, Sirkuit Mandalika akan menjadi salah satu lokasi tes pra-musim 2021 oleh para pembalap. Mengingat MotoGP Indonesia masuk ke dalam kalender 2021. Tes pra-musim diperkirakan akan berlangsung Februari atau Maret 2021 sebelum musim 2021 dimulai.

Tes pra-musim 2021 di Lombok (Sirkuit Mandalika) dijadwalkan berlangsung selama 3 hari seperti yang diumumkan oleh Dorna Sports dan diperkirakan akan diikuti oleh semua pembalap yang memiliki kontrak. Sampai saat ini hanya ada empat tes untuk musim 2021 yang sudah diumumkan, yaitu satu kali tes pra-musim selama 3 hari di Lombok, dua kali tes 1 hari pada hari Senin setelah event balap dan satu kali tes 2 hari masing-masing di sirkuit yang akan ditentukan kemudian. (bay)