74 Rumah Rusak di Lombok Tengah Akibat Hujan Deras Dan Angin Puting Beliung, Warga di Minta Waspada -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

deskripsi gambar

74 Rumah Rusak di Lombok Tengah Akibat Hujan Deras Dan Angin Puting Beliung, Warga di Minta Waspada

12/16/19

Lombok Tengah | Hujan lebat yang disertai angin kencang serta petir melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Lombok Tengah di Minggu kedua Bulan Desember 2019. Dalam peristiwa itu setidaknya puluhan rumah milik warga dan satu fasilitas umum rusak akibat diterpa pohon tumbang yang disapu angin puting beliung.

“Total rumah warga yang rusak akibat diterpa pohon tumbang dan angin puting beliung saat hujan lebat itu sebanyak 74 unit baik rusak berat, sedang dan ringan,” ujar Kepala BPBD Lombok Tengah, H Muhammad kepada wartawan selesai rapat koordinasi persiapan pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di halaman Polres Lombok Tengah, Senin (16/12).

Ditegaskan, puluhan rumah rusak akibat hujan lebat yang disertai angin kencang itu tersebar di lima Kecamatan yakni Kecamatan Batukliang, Batukliang Utara, Kopang, Jonggat dan Peringgerata. Namun, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, hanya ada dua orang warga yang mengalami luka ringan.

“Penanggulangan bencana sudah kita lakukan dengan memberikan bantuan berupa logistik makanan dan bahan material untuk warga memperbaiki rumahnya yang rusak,” jelasnya.

Dikatakan, bahwa Kabupaten Lombok Tengah saat ini sudah ditetapkan siaga satu, karena kejadian pohon tumbang, angin puting beling, longsor dan saat ini sudah masuk musim penghujan.

“Kenapa angin puting beliung itu terjadi, karena pertemuan angin yang dari barat dan yang timur. Sehingga terjadi tabrakan dan pusaran angin itu terjadi,” ungkapnya.

“Anggaran bencana untuk tahun 2019 ini memang sudah habis, namun sisa anggaran yang masih ada itu kita gunakan untuk penanggulangan bencana tersebut. Kita juga imbau masyarakat untuk tetap waspada saat terjadi hujan yang disertai angin kencang dan petir,” pungkasnya. (*)