HUT Ke-76 Desa Barabali di Rangkai Dengan Istigosah -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

deskripsi gambar

HUT Ke-76 Desa Barabali di Rangkai Dengan Istigosah

12/13/19
Sesi foto bersma ketua PWNU NTB, Prof. Masnun Tahir, Kades Barabali lalu Ali Junaidi dan tokoh masyarakat saat  seluruh rangkaian acara selesai, kemarin.

Batukliang | Acara refleksi HUT Desa Barabali, Kecamatan Batukliang yang ke 76 yang dirangkaikan dengan istigosah dan pengajian umum yang disampaikan oleh ketua PWNU NTB, Prof. Masnun Tahir.

Prof. Masnun Tahir mengatakan, usia desa yang ke 76 tahun ini sudah bisa dibilang cukup tua, karena sudah bisa melahirkan kader-kader yang memiliki potensi dan kontribusi besar baik dimasyarakat maupun untuk desa setempat.

"Banyak kisah yang merajut asa di desa ini, dari mulai perjuangan tertatih-tatih, dari yang belum menjadi apa-apa sampai menjadi orang besar, sehingga bisa berpengaruh dan berperan penting bagi masyarakat sekitar, tentu itu semua tidak terlepas dari peran penting dan perjuangan seorang pemimpin dari masa ke masa untuk menciptakan dan membangun Desa Barabali menjadi desa yang maju, bersih aman dan nyaman, sehingga di moment HUT desa ini marilah sama-sama bersinergi untuk lebih maju melakukan modernisasi tanpa harus melupakan tradisi karena modernisasi tidak bisa menggilas tradisi," ungakapya saat menyampaikan tausiah di lokasi acara kemarin.

Perayaan HUT ini merupakan acara untuk merefleksikan dan mengingat perjuangan para sesepuh yang telah memperjuangkan desa sebelumnya sehingga bisa menjadi lebih baik lagi dan sebagai evaluasi kinerja kepemimpinan kades maupun prades dalam memaksimalkan pelayanan masyarakat. Bagaimana untuk tetap menjaga silaturahmi dan menjalankan hubungan sosial maupun emosional antara masyarakat dan pimpinan.

"Karena yang terpenting adalah bagaimana untuk tetap menjaga hubungan silaturahmi antar seluruh elemen masyarakat supaya tidak ada terjadi kesalahpahaman maupun niat untuk saling menjelekkan satu sama lain. Perbedaan pendapat, pola pikir dan pandangan adalah hal yang lumrah sehingga perbedaan itu yang menyebabkan untuk bisa menerima dan bersaing dengan sehat dan tetap menjaga sportifitas," bebernya.

Sementara itu, Kades Barabali Lalu Ali Junaidi mengatakan, momentum HUT desa yang ke 76 ini dirangkaikan dengan berbagai macam kegiatan dan hiburan yang disediakan pemdes yang berlangsung di lapangan Desa Barabali. Adapun teman yang diangkat pemdes dalam acara HUT ini adalah merajut asa membangun masyarakat, bakti nyata untuk masyarakat Desa Barabali.

"Semoga dengan semakin tuanya usia desa ini bisa membawa masyarakat lebih maju dan berkembang menciptakan desa yang aman dan damai baik dari lahir maupun batin," ungkapnya saat ditemui di lokasi acara kemarin.

Ia juga juga membeberkan, konsep wisata yang akan digunakan pemdes adalah konsep pariwasata syari'ah, sehingga masyarakat maupun wisatawan bisa menerapkan sistem sosial, budaya dan adat dalam bernegara.

"Bagaimana supaya masyarakat maupun pengunjung bisa merasakan keamanan dan kenyamanan selama berada di desa setempat, baik dari keramah tamahan masyarakat maupun jiwa sosial yang tinggi sehingga wisatawan bisa mengecap atau melebeli desaku surgaku," tutupnya. (Bt)