Peringati hari sumpah pemuda, penyelam NTB melakukan transplantasi terumbu karang -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

deskripsi gambar

Peringati hari sumpah pemuda, penyelam NTB melakukan transplantasi terumbu karang

10/27/20


Mataram, Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober, Penyelam Profesional Pulau Lombok Sumbawa (P3LS) bersama elemen masyarakat yang berada di Pantai Nipah melakukan kegiatan restorasi terumbu karang di Pantai Nipah, Kabupaten Lombok Utara. 27 Oktober 2020.


Tujuan kegiatan ini selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap terumbu karang dan melakukan usaha peningkatan tutupan karang, juga untuk meningkatkan semangat para pemuda di Kabupaten Lombok Utara Maupun di NTB untuk tetap berkarya untuk daerah, terkhusus mengajak masyarakat ayo menjaga laut kita  ayo menjaga terumbu karang kita.


Peserta kegiatan terdiri Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara, Pokdarwis Nipah, Yayasan Indonesia Biru, Yayasan Nusa Biodiversitas, dan Universitas 45 Diving Club. Kegiatan ini pun sejalan dengan tema Sumpah Pemuda tahun 2020 dari Kementrian Pemuda dan Olahraga yaitu Semangat BERSATU DAN BANGKIT.


Kegiatan dibuka dengan penjelasan singkat terkait terumbu karang, metode spider, dan prosedur pekerjaan di bawah air oleh perwakilan dari P3LS dan POKDARWIS Nipah. Setelah itu, peserta melakukan pengambilan bibit di area terumbu karang yang cukup sehat. Karang yang diambil adalah karang yang sudah pecah terlepas dari substrat atau lazim disebut corals of opportunity. Fragmen karang ini kemudian dibawa ke lokasi media spider, lalu para peserta mengikat fragmen ke media menggunakan kabel tis.


Dengan dilaksanakan acara ini, diharapkan ini bisa menjadi momentum untuk kegiatan-kegiatan swadaya masyarakat lainnya yang berhubungan dengan lingkungan. Juga,  diharapkan kegiatan P3LS tidak berhenti disini karena proses restorasi terumbu karang adalah proses yang panjang. Dengan komitmen yang kuat P3LS dan Pokdarwis Nipaj untuk melakukan perawatan dan pengecekan berkala. (red)