Lembaga Samawa Research Eempowerment Adakan Dialog kebinekaan dengan OKP dan Mahasiswa -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

deskripsi gambar

Lembaga Samawa Research Eempowerment Adakan Dialog kebinekaan dengan OKP dan Mahasiswa

11/26/20


Sumbawa Besar- Lembaga Samawa Research And Empowerment (SRE) melakukan dialog kebinekaan dengan tema " Penguatan Nilai-nilai Kebangsaan dan Kebinekaan Bagi kalangan Generasi muda di kabupaten Sumbawa, Jum'at (27/11/2020).


Zainal Abidin selaku ketua pelaksana kegiatan menjeleskan  Tema tersebut di angakat karena keresahan teman-teman yang tergabung Lembaga SRE terhadap prilaku anak-anak muda di kabupaten Sumbawa yang tidak lagi menunjukkan nilai-nilai kebangsaan dan karakter orang Indonesia dalam pergaulan sehari-hari, " Hari ini kita melihat banyak anak-anak muda yang menjadi pengguna narkoba, Radikal dan melawan orang tua dan guru dan bahkan ada yang mengatakan pancasila sistem kafir, karena tidak pahami dengan baik pancasila dan nilai-nilai kebangsaan, " Ujarnya. 


Pada kegiatan tersebut hadir dari berbagai perwakilan mahasiswa dan organisasi kepemudaan, ada PMII, HMI, KAMMI, GMNI dan perwakilan dari Universitas yang ada di kabupaten Sumbawa. 


Sedangkan untuk narasumber pada kegiatan ini ada dari kepolisian di wakili oleh wakapolres Kompol. Agus Asmara, S. IK, dari akademisi ada dosen dari Institut Ilmu Budaya Samawa Rea ( IISBUD) Hendra Gunawan,M.Pd dan dari Kesbangpol Budi Santoso, M. Si. 


Narasumber pertama, Kompol, Agus Asmara, S. IK mengingatkan kepada anak-anak muda menjadikan pancasila sebagai pegangan dlm bersosial dan berinteraksi serta titik temu dari berbagai perbedaan sehingga tidak menimbulkan konflik dan gesekan yang tidak di inginkan. " Anak muda harus mampu mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam bergaul, berinteraksi baik sesama anak muda maupun sama orang tua, "pungkasnya.


Narasumber kedua, Budi Santoso, M. Si menjelaskan bahwa peran pemuda di Indonesia khususnya di kabupaten Sumbawa sudah luar biasa, bisa dilihat dari berbagai pos-pos strategis di pemerintahan dan di dunia usaha hampir semuanya anak muda, " sebagai orang tua kami bangga melihat pemuda hari ini sudah menjadi bagian terpenting dalam pembangunan Sumbawa, " Jelasnya. 


Narasumber ketiga Hendra Gunawan. M. Si bahwa Pancasila UUD tidak bertentangan dengan ajaran Islam seperti yang di kampanyekan oleh mereka-mereka yang anti Pancasila atau yang lebih di kenal dengan sebutan kaum radikal, " Setiap kali saya mengisi seminar, dialog yang terkait dengan pancasila dan kebinekaan selalu saya mengatakan bahwa pancasila tidak bertentangan dengan pancasila karena pancasila itu sendiri bersumber dari Alquran itu sendiri " Pungkasnya.