SOLUD NTB dan Polda NTB Gelar FGD Petakan Ekonomi -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

deskripsi gambar

SOLUD NTB dan Polda NTB Gelar FGD Petakan Ekonomi

Redaksi
12/22/20



Perkumpulan Solidaritas untuk Demokrasi (SOLUD) bersama Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar diskusi "SEHAT" bersama masyarakat, Jum'at, 11 Desember 2020, di Balai Desa Nggembe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. Kegiatan dihadiri oleh 53 peserta yang mewakili berbagai kelompok masyarakat, di antaranya Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), kelompok usaha kue kering, kelompok pemuda kedai kopi, kelompok usaha jahit, Karang Taruna, perwakilan kelompok perempuan, serta perwakilan dari Pemerintah Desa dan BPD. Hadir juga kelompok masyarakat dari desa tetangga seperti Desa Rato dan Desa Kananga.Perwakilan Polda NTB, Ipda Ida Bagus Atmaja, Ps. Kanit I subdit II Dit Intelkam Polda menjelaskan, SEHAT merupakan salah satu program KAPOLDA NTB. SEHAT merupakan akronim dari Steril, Ekonomi, Harmonis, Asri, dan Tangguh. Dialog SEHAT, yang bertema Penguatan Ekonomi dan Keamanan, dimaksudkan untuk mengidentifikasi kelompok ekonomi masyarakat, guna program Pengembangan Ekonomi Kreatif Terintegrasi (PEKAT), dengan melakukan pengambilan sampel permasalahan di lokasi wilayah yang dianggap rentan terjadi konflik komunal maupun tingkat kriminalitas tinggi, dengan melakukan pendekatan Ekonomi Kreatif sebagai basis penguatan Perekonomian di wilayah.

Ketua Perkumpulan SOLUD NTB, Safriatna Ach mengungkapkan tujuan kegiatan ini antara lain menyerap aspirasi masyarakat yang selama ini melakukan usaha tetapi menemui kendala dalam usahanya, serta mendorong masyarakat untuk memiliki jiwa enterpreneur dan mental pengusaha yang kuat, diawali dengan motivasi diri dan lingkungan sekitar tempat tinggal. Kegiatan ini rencananya berlangsung selama sepekan, dimulai pada tanggal 11 Desember sampai dengan 17 Desember 2020 dan menyasar seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bima. Sebelumnya, pada Agustus tahun 2020 kegiatan serupa juga pernah dilaksanakan di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Sape, Lambu, dan Woha kabupaten Bima. Kegiatan sebelumnya dirangkaikan dengan pembagian sembako untuk anak yatim piatu, lanjut usia, dan disabilitas, serta pembagian alat roasting kopi bagi kelompok usaha kedai kopi.

Kepala Desa Nggembe, Yusuf Azis, menyampaikan terimakasih kepada tim SOLUD NTB yang sudah mendampingi dan memperhatikan desanya dalam setiap program pemberdayaan, terutama untuk kelompok usaha masayarakat Desa Nggembe. "Semoga ke depan ada bantuan usaha maupun pelatihan wirausaha yang didapat oleh kelompok masyarakat sesuai dengan potensi yang ada di desa," ujarnya.